Gotong Royong Warga Rt 04 Sanggrahan

ekagustin 11 Juli 2023 08:39:34 WIB

Murtigading (11/07/23). Gotong royong merupakan istilah untuk bekerja bersama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari kata bahasa Jawa gotong yang berarti "mengangkat" dan royong yang berarti "bersama". Bersama dengan musyawarah, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, serta kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar filsafat Indonesia. Istilah ini diturunkan dari budaya masyarakat desa yang saling menolong ketika membangun dan memindahkan rumah, begitu pula dengan yang dilakukan oleh warga RT 004 Pedukuhan Sanggrahan Kalurahan Murtigading pada hari Minggu (09/07) lalu.

Warga bersama-sama membantu memperbaiki rumah salah satu warga yang atapnya rusak. Atap rumah yang terbuat dari genting diturunkan terlebih dahulu, kemudian memperbaiki kayu atap dan terakhir menaikkan genting lagi seperti semula. Kegiatan yang dilakukan oleh bapak-bapak ini dimulai pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 15.00 wib. Selain lelaki, ibu-ibu pun turut andil dalam kegiatan ini yaitu menyiapkan kudapan pagi dan makan siang untuk semua warga yang ikut gotong-royong. (just)

Komentar atas Gotong Royong Warga Rt 04 Sanggrahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License