Pilah Sampah sebagai Wujud Kepedulian Lingkungan di Kalurahan Murtigading

Aswin 22 Juni 2023 14:20:39 WIB

Murtigading (22/06/2023) Penggunaan plastik oleh masyarakat yang sangat tinggi tentunya akan menjadi suatu masalah dalam hal pencemaran lingkungan. Hal tersebut dikarenakan sampah dari bahan plastik yang sangat sulit terurai sehingga dengan adanya sampah plastik tersebut akan menjadi suatu masalah dan berdampak negatif terhadap lingkungan.

Berbagai dampak sampah plastik bagi lingkungan antara lain dapat mencemari tanah dan air, hal tersebut dikarenakan sampah plastik mengandung racun-racun dari partikel plastik yang masuk kedalam tanah sehingga dapat membunuh hewan pengurai seperti cacing selain itu sampah plastik juga dapat menghambat peresapat air yang akan berakibat terhadapa kesuburan tanah.

Untuk mencegah terjadinya tumpukan sampah plastik yang akan terus menggunung, perlu adanya kepedulian dari warga masyarakat tentang pengurangan penggunaan Plastik maupun cara mendaur ulang sampah plastik agar lebih bermanfaat. Banyak contoh daur ulang dari bahan plsatik menjadi bahan yang berguna seperti halnya tas, kerajinan, Pot Tanaman, Mainan anak, meja kursi, bahkan daur ulang sampah plastik bisa menjadi Biodiesel yang tentunya dapat menjadi bahan bakar alternatif.

Warga di padukuhan Kurahan I Kalurahan Murtigading Kapanewon Sanden memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan pencegahan dari dampak sampah. Hal tersebut dilakukan dengan kegiatan pemilahan sampah rumah tangga milik dusun yang selanjutnya sampah-sampah tersebut dipilah antara sampah organik dan sampah nonorganik.

Kegiatan tersebut selain dapat menjaga keseimbangan lingkungan tentunya juga menjadi kegiatan yang bernilai ekonomis. (S)

Komentar atas Pilah Sampah sebagai Wujud Kepedulian Lingkungan di Kalurahan Murtigading

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License