Sosialisasi Ember Tumpuk di Mayungan 2 oleh Mahasiswa KKN Reguler 96 VII.A.3 UAD

Aswin 29 Agustus 2022 10:30:37 WIB

Murtigading(29/08/2022 ) Mahasiswa KKN UAD menyelenggarakan edukasi pengelolaan sampah organik dengan metode ember tumpuk bersama para kader-kader di Mayungan 2, Murtigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta pada hari minggu 21/08/2022 yang dilaksanakan di rumah kepala dukuh Mayungan 2. Ketua  KKN Unit VII.A.3, Robi Firdaus Fahrurrozi menuturkan kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan edukasi mengenai pemanfaatan sampah organik yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk. Selain itu, pemanfaatan sampah organik dengan metode ember tumpuk ini juga mendukung program Pemerintah kabupaten Bantul yaitu Bantul Bersama (Bantul Bersih Sampah 2025) dengan pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga.

“Pengelolaan sampah organik tidak membutuhkan biaya besar. Hanya dengan melakukan memanfaatkan sampah dapur (sisa sayur, buah, nasi kemarin, tulang ayam) kemudian dimasukkan ke dalam ember yang sudah dimodifikasi menjadi ember tumpuk,” ujar Robi selaku ketua KKN Unit VII.A.3. Ember tumpuk ini digunakan untuk mengolah sampah dengan bantuan maggot. Sampah dapur yang sudah dimasukkan ke dalam ember tumpuk nantinya akan terjadi pengomposan dan penguraian yang dilakukan oleh maggot tersebut yang kemudian akan menjadi lindi yang dapat digunakan sebagai pupuk cair yang nantinya digunakan untuk menyuburkan tanaman. Kegiatan edukasi ini mendapat tanggapan baik dari warga Mayungan 2 yang mengikuti edukasi. Mereka berharap dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga setempat yang kebanyakan berprofesi sebagai petani(Windy Antika KKN Reguler 96 Unit VII.A.3).

 

Komentar atas Sosialisasi Ember Tumpuk di Mayungan 2 oleh Mahasiswa KKN Reguler 96 VII.A.3 UAD

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License