TRISIGAN 1 RANGKAI ACARA TUJUH BELASAN, SEMARAKAN PERLOMBAAN DAN TIRAKATAN

Aswin 22 Agustus 2022 10:14:45 WIB

Murtigading (22/08/2022 ) Sudah menjadi budaya Indonesia pengadaan lomba tujuh belasan untuk menyambut hari kemerdekaan, baik di lingkup dukuh, kelurahan, maupun kapanewon. Perayaan ini ialah sebagai momentum untuk mengingat jasa pahlawan. Sebagai kaum muda, Remaja Trisigan Tengah atau yang akrab disebut Retrish, turut mengadakan agenda tujuh belasan. Rangkaian acaranya digelar dari tanggal 12 Agustus dan berakhir pada tanggal 17 Agustus sore.

Agenda tujuh belasan yang digelar Karang Taruna Retrish ini mencakup seluruh kalangan, baik dari berbagai jenis perlombaan, Malam Tirakatan, hingga upacara bendera. Untuk lomba sasarannya mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda, hingga yang tak boleh terlewat kalangan anak-anak. Lomba yang diadakan antara lain, sepakbola karung bapak-bapak, balap karung bapak-bapak, makan kerupuk ibu maupun anak, estafet karet ibu maupun anak, dan memasukkan bolpen dalam botol untuk kalangan ibu maupun anak. Keseruan yang ada di tiap harinya menjadikan rangkaian kegiatan tujuh belasan yang diadakan tidak pernah sepi penonton.

Perlombaan digelar di tanah lapang yang berada di area Trisigan Tengah, dan diadakan mayoritas pada malam hari, mengingat lomba juga diperuntukkan untuk kalangan bapak-bapak, yang biasanya memiliki waktu luang pada malam hari. Sedangkan untuk acara pagi hingga sore diisi untuk perlombaan anak-anak dan ibu-ibu di hari H Hari Merdeka. Tak lupa, yang menjadi gong dari rangkaian acara ini ialah pada Malam Tirakatan.

Dalam acara tirakat, mahasiswa KKN Reguler UAD yang ditempatkan di Dukuh Trisigan 1 diberikan kesempatan untuk turut mengisi salah satu sesi dalam acara tersebut, yakni pada acara inti Penyuluhan Pengelolaan Sampah, dalam bentuk pemaparan dengan dibantu alat bantu Losida dan Kantong Pilah Sampah, serta pembagian brosur untuk menyimak materi. Rangkaian perayaan 17 Agustus yang berhari-hari menjadi kali pertama dilaksanakan di Dukuh Trisigan 1 setelah adanya pandemi Covid-19.

Dan pada hari terakhir, diadakanlah upacara bendera dukuh yang petugasnya dari Karang Taruna Retrish. Dilanjut dengan senam bersama, dan meriahnya berbagai perlombaan. Acara berjalan dengan lancar, dan ditutup dengan pembagian hadiah para pemenang.(Nadia dari KKN UAD Dukuh Trisigan 1) Asw

Komentar atas TRISIGAN 1 RANGKAI ACARA TUJUH BELASAN, SEMARAKAN PERLOMBAAN DAN TIRAKATAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License