LEWAT SAMPAH TRISIGAN 1 BERSEDEKAH

Aswin 22 Agustus 2022 08:54:47 WIB

Murtigading (22/08/2022 ) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta periode 96 tahun 2022 kembali dilaksanakan, tepatnya pada bulan Agustus sampai September. Salah satu dukuh yang menjadi sasaran ialah Dukuh Trisigan 1, yang terletak di Kelurahan Murtigading, Kapanewon Sanden.

Sesuai yang menjadi tema dalam KKN Reguler UAD mengenai Bantul Bersih Sampah Tahun 2025, gebrakan pengelolaan sampah penting ditingkatkan dengan salah satu upaya, yakni pemasangan kantong pilah sampah. Adapun kantong sampah dibagikan pada tiap rumah yang berada di Dukuh Trisigan 1, dan mendapatkan masing-masing tiga kantong, ada kantong sampah kertas, plastik, dan kaca.

Pelaksanaan pemasangan kantong pilah sampah ini dilakukan pada 14 Agustus 2022, total terdapat 129 rumah yang diberikan dan dipasangi kantong pilah sampah. Untuk rencana pengambilan disepakati setiap hari Minggu, dibantu dengan pemuda Remaja Trisigan Tengah dan mahasiswa KKN selama pengabdi.

Dengan adanya pemasangan kantong pilah sampah ini diharapkan seluruh warga Dukuh Trisigan 1 dapat tertanam kesadaran, mengingat sampah yang dihasilkan perlu untuk diselesaikan di lingkup rumah tangga saja. Selain itu, dapat mengoptimalkan adanya Badan Usaha Milik Kalurahan (BumKal), untuk dapat dimanfaatkan oleh warganya melalui gerakan Sedekah Sampah.

Gerakan Sedekah Sampah merupakan gerakan yang dilakukan dengan mengumpulkan dan memilah sampah yang dihasilkan tiap-tiap rumah tangga, dengan berbagai jenis sampah. Setelah dikumpulkan, sampah-sampah yang ada dipilah sesuai dengan kategorinya, sebab semakin rinci pemilahan, semakin banyak hasil penjualan yang dihasilkan. Nantinya, hasil dari penjualan dipergunakan 30% untuk pengelola Sedekah Sampah, dan 70% digunakan untuk membantu pembangunan di dukuh maupun untuk karang taruna. Tentu hal ini juga dapat menjadi budaya yang baik bagi suatu padukuhan untuk rutin diadakan. (Nadia KKN UAD Trisigan I )_Asw

Komentar atas LEWAT SAMPAH TRISIGAN 1 BERSEDEKAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License