UAD Ubah Sampah Jadi Rupiah di Dusun Sanggrahan Kalurahan Murtigading

Aswin 18 Agustus 2022 10:48:19 WIB

Gerakan sodaqoh sampah belum lama ini  yang  di selenggarakan Di Sanggrahan, Murtigading, Sanden. Merupakan  bentuk kerja sama yang telah di sepakati oleh pemerintah  kabupaten bantul dengan Universitas Ahmad Dahlan. Dalam program tersebut  merupakan sebuah komitmen untuk membuat bantul bebas sampah di tahun 2025. Tagline #bantulbersihsampah2025 di sematkan dalam kegiatan ini agar lebih mudah di ingat oleh masyarakat bantul. Pemerintah Kabupaten Bantul telah berdiskusi pada Kamis (07/07) 2022 untuk  mewujudkan bantul bebas sampah di tahun tahun yang akan datang.

Hal ini di sambut dengan baik oleh warga murtigading dengan terpasangnya 3 kantong pilah hampir di setiap rumah warga, di bantu oleh mahasiswa KKN  Universitas Ahmad Dahlan dalam kegitan sosialisasinya. Warga sangat antusias dalam proses pemasangan kantong pilah sampah. Tak jarang warga malah meminta untuk di pasangkan di rumah tetangganya. Sampah yang di pilah  secara umum dibagi menjadi 3 jenis yaitu plastik kertas dan besi. Sampah  yang di kumpulkan merupakan sampah yang masih memiliki nilai jual. Sampah yang telah di pilah dan di kumpulkan di masing masing rumah warga, akan di datangi oleh petugas untuk di kumpulkan dan di olah serta di tukarkan dengan rupiah.  kemudian hasil dari pada pejualan sampah tadi akan digunakan untuk program kemajuan masing masing daerah .

 

 

 

Program ini diawali dengan pembekalan tentang pengelolaan sampah sebelum penerjunan kegiatan KKN, dan di lakukannya sosialisasi yang diikuti oleh mahasiswa kkn reguler universitas ahmad dahlan di kelurahan setempat . Setelah mahasiswa menerima edukasi mengenai pengelolaan sampah khususnya sistem sodaqoh sampah. Mahasiswa diharap untuk mampu mensosialisasikan ilmu yang telah di dapat ke pada masyarakat untuk dapat di terapkan. Program ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dalam memilah sampah dan mengkonversinya menjadi uang dengan cara menyetorkan sampah pilah ke bank sampah.

Program ini kkn yang di adakan di bantul  merupakan KKN mutualisme dimana kami memberikan ilmu kepada masyarakat dan kami mendapatkan ilmu dari masyarakat .Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga bantul  dapat memahami konsep program sodaqoh sampah. Selain pengelolaan sampah, warga juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari sini. Selain membatu dalam sosialisasi  sodaqoh sampah KKN UAD kelompok VI.C.3 berinisiatif mengajak seluruh warga Sanggrahan , Murtigading , Sanden untuk dapat melakukan pengeloaan sampah tuntas dari sumbernya. EDO (Asw)

 

Komentar atas UAD Ubah Sampah Jadi Rupiah di Dusun Sanggrahan Kalurahan Murtigading

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License