Kesenian Reog Satrio Budhoyo Mudho Mayungan Wakili Sanden dalam Kirab Bregada HUT Bantul ke-191

Aswin 25 Juli 2022 12:30:41 WIB

Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bantul yang ke-191, Kesenian Reog Satrio Budaya yang dipentaskan oleh pemuda-pemudi dari Dusun Mayungan dipilih sebagai perwakilan Kapanewon Sanden untuk berpartisipasi dalam lomba dan kirab bregada tahun ini. Lomba Bregada merupakan salah satu dari rangkaian puncak acara peringatan HUT Bantul yang jatuh pada Rabu 20 Juli lalu. Titik mula kirab adalah Lapangan Trirenggo yang juga merupakan tempat diadakannya upacara, lalu berakhir di Simpang Lima Bejen.

Barisan depan bregada dari Sanden diikuti oleh barisan yang menggunakan pakaian adat Jawa yang disertai dengan Panewu Sanden, Deni Ngajis Hartono, S.STP, M.PA, di paling depan kemudian juga diikuti dengan beberapa pejabat Kapanewon lainnya. Sementara itu, barisan belakang merupakan barisan para pemain Reog Satrio Budhoyo Mudho Mayungan yang mendapatkan tempat untuk mempersembahkan penampilannya selama dua menit di hadapan juri dan tamu undangan. Setelah itu, kirab melanjutkan langkahnya menuju tempat juri selanjutnya hingga sampai di garis finish dengan iringan gamelan yang mengikuti di belakangnya.

Malamnya, Reog Satrio Budhoyo Mudho Mayungan kembali pentas di pendopo Kelurahan Murtigading dihadapan Lurah Murtigading, Drs Sutrisno, sebagai acara penutupan. Pentas ini disambut secara meriah oleh warga Murtigading dengan banyaknya penonton yang hadir. Meskipun memiliki waktu persiapan yang cukup singkat, yaitu kurang lebih satu minggu, pemuda-pemudi Mayungan dapat mementaskan penampilannya dengan baik. Keikutsertaan Reog Satrio Budhoyo Mudho Mayungan dalam Kirab Bregada HUT Bantul ke-191 ini juga sekaligus sebagai ajang untuk menunjukkan potensi kesenian yang ada di Kapanewon Sanden, khususnya di Murtigading, yang secara aktif terus dilestarikan oleh generasi muda. 

Komentar atas Kesenian Reog Satrio Budhoyo Mudho Mayungan Wakili Sanden dalam Kirab Bregada HUT Bantul ke-191

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License