Upacara Wiwitan Dusun Sanggrahan

Administrator 18 Juli 2022 13:59:43 WIB

Upacara Wiwitan diselenggarakan di Dusun Sanggrahan, Kelurahan Murtigading, pada Jumat (15/7/2022). Wiwitan merupakan acara perwujudan rasa syukur petani atas hasil panen yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. 

Acara dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat antara lain Lurah Murtigading, Ketua Kelompok Tani “ Subur Makmur”, Ulu-ulu, Mbah Kaum, dan seluruh masyarakat Dusun Sanggrahan yang tergabung dalam kelompok tani serta Pemuda Pemudi.

 Kurang lebih 100 orang hadir dalam Upacara Wiwitan mulai dari anak-anak sampai orang tua, Acara ini juga dilengkapi dengan kehadiran mahasiswa KKN PPM UGM Periode II.

Wiwitan Dusun Sanggrahan dibuka dengan sambutan Bapak Sunarto, Ketua Kelompok Tani  “Subur Makmur”. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Bapak Sutrisno, Lurah Desa Murtigading. 

Inti dari acara ini adalah memanjatkan puji, syukur, dan doa pada Tuhan atas karunia-Nya berupa hasil panen yang dipimpin oleh Mbah Kaum. Acara ditutup dengan dhahar kembul bujana atau makan bersama. Makanan yang disajikan berupa nasi putih, sayur kothok,  ayam ingkung, telur rebus, dan sambel gepeng. 

Acara ini berjalan dengan khidmat. Upacara Wiwitan sekaligus menjadi ajang pelestarian budaya lokal (nguri-uri budaya). Baik Lurah Murtigading maupun warga berharap panen raya berjalan dengan lancar pertanian Dusun Sanggrahan terus maju. 

 

Diolah oleh : KKN PPM UGM Sanden Periode II  Tahun 2022 (R)

Komentar atas Upacara Wiwitan Dusun Sanggrahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License