Madu Lebah Klanceng di Agrowisata Kelengkeng Sanggrahan

ekagustin 20 Agustus 2021 08:27:41 WIB

Murtigading (20/08/21). Agrowisata kelengkeng yang terletak di Dusun Sanggrahan, Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden kini telah dikembangkan budidaya lebah klanceng yang terkenal akan sejuta manfaatnya. Madu Klanceng merupakan jenis madu yang di hasilkan oleh lebah yang berjenis genus Trigona. Budidaya lebah klanceng termasuk usaha yang prospektif seiring dengan berkembangnya kepedulian terhadap kesehatan tubuh untuk dikonsumsi sehari-hari. Terlebih dimasa pandemi seperti ini, madu sangat dibutuhkan untuk menjaga imun dan daya tahan tubuh manusia.

Menurut salah satu pembudidaya lebah klanceng, Bapak Sunarto, lebah klanceng yang terdapat di Agrowisata Kelengkeng sudah berusia puluhan tahun dan tetap produktif hingga sekarang. Bapak Sunarto juga menuturkan bahwa madu klanceng yang diproduksi oleh Agrowisata Kelengkeng berbeda dengan madu jenis lain yang kebanyakan memiliki rasa manis, Madu Klanceng cenderung memiliki rasa yang sedikit asam bahkan ada yang sedikit pahit. Selain itu, madu jenis ini juga lebih encer dibandingkan dengan jenis madu yang banyak terdapat di toko-toko maupun petani madu pada umumnya. Dari segi harga, madu klanceng lebih mahal dibanding madu murni pada umumnya karena hasil produksi dari lebah Trigona ini tidak berlimpah, “Satu botol madu klanceng murni ukuran 100 ml dijual dengan harga Rp 80.000,” kata Bapak Sunarto.

Ditulis oleh Vivi Vitra Orima-KKN UGM (just)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

WhatsApp

Layanan Masyarakat

INSTANSI TERKAIT

  • Puskesmas Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul (0274) 6464295, 7466886
  • Polsek / Kepolisian Sektor Sanden Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul (0274) 7101510
  • KUA / Kantor Urusan Agama Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul (0274) 7491435
  • Koramil / Komando Rayon Militer Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
  • Media Sosial

    Facebookyoutube

    Statistik Kunjungan

    Hari ini
    Kemarin
    Jumlah Pengunjung

    Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License