Bimtek Pendataan Penduduk Nonpermanen oleh Disdukcapil Bantul

11 Maret 2020 13:43:32 WIB

Murtigading (11/03). Pemerintah Desa Murtigading yang diwakili oleh petugas register desa mengikuti bimtek pendataan penduduk nonpermanen pada Rabu (11/03). Bertempat di Aula Bank Bantul, acara yang diselenggarakan oleh Disdukcapil Kabupaten Bantul ini dihadiri oleh Kasi Pemerintahan dan Petugas Register Desa se-Kabupaten Bantul. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Bambang Purwadi, S.H, M.H) memaparkan bahwa saat ini proses mutasi penduduk sangatlah mudah. Warga yang bersangkutan hanya perlu pergi melapor ke Disdukcapil Bantul dan tidak perlu memakan waktu yang lama prosesnya selesai. Walaupun demikian masih banyak warga yang enggan mengurus proses perpindahannya tersebut dengan berbagai alasan sehingga memunculkan penduduk nonpermanen.

Yang dimaksud penduduk nonpermanen yaitu penduduk yang bertempat tinggal di luar wilayah kabupaten/ kota tempat tinggal tetapnya yang berbeda dengan alamat pada KTP-el yang dimilikinya dan tidak berkeinginan untuk pindah tetap. Penduduk nonpermanen yang akan didata yaitu penduduk yang tinggal sementara di suatu tempat kurang lebih selama 6 bulan yang tidak sesuai dengan KTP-el dan yang bersangkutan tidak berkeinginan pindah. Dengan adanya pendataan penduduk nonpermanen ini diharapkan kita lebih bisa tertib secara administrasi dan bisa mengurangi permasalahan-permasalahan yang mungkin akan muncul di masa depan. (just)

Komentar atas Bimtek Pendataan Penduduk Nonpermanen oleh Disdukcapil Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License