Tradisi Nyadran Menjelang Bulan Ramadhan

30 Mei 2016 10:04:56 WIB

    Murtigading_ Kamis, 26/05/2016 di masjid Darul Falah Trisigan ibu-ibu dan bapak-bapak serta remaja masjid menghadiri serangkaian acara pengajian yang biasa dilakukan setiap malam jumat sekaligus nyadran. Kegiatan nyadran dilakukan pada saat ruwah menurut perhitungan kalender jawa di akhir bulan ruwah menjelang bulan puasa tiba. Nyadran adalah salah satu tradisi turun temurun yang mempunyai tujuan untuk mengirimkan suatu doa secara bersama kepada para sanak kerabat yang sudah meninggal dunia. Makanan apem adalah salah satu ciri khasnya karena sampai sekarang masih digunakan untuk acara nyadran. Apem yang di bawa oleh ibu-ibu diungkapkan sebagai rasa syukur atas kelimpahan rizki yang diberikan kepada kita ini kemudian dibagi-bagi lagi sehingga semua mendapatkannya secara merata.

  Banyak manfaat yang positif dalam kegiatan ini, terutama akan menambah iman dan taqwa kita sebagai umat islam. Selain itu dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama umat manusia di lingkungan sekitarnya. Pengajian sekaligus nyadran ini di isi oleh Bp. Hayat Supriyanto yang juga menjadi Takmir Masjid Darul Falah Trisigan.

   Salah satu kegiatan seni yaitu kerawitan yang dimainkan oleh masyarakat juga ditampilkan dalam acara ini. Kerawitan bukan hanya sebuah lagu jawa yang tidak mempunyai makna akan tetapi tembang jawa dalam bahasa jawa ini juga mempunyai arti yang sangat bagus. Manfaat dari kerawitan diantaranya selain melestarikan kebudayaan jawa. (Desi Fiki W)


Komentar atas Tradisi Nyadran Menjelang Bulan Ramadhan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License