Adrem makanan khas Murtigading

15 April 2016 16:45:58 WIB

Murtigading_Upaya memerintah desa Murtigading dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat  salah satunya adalah dengan mengangkat potensi yang ada di masing-masing dusun. Sebanyak 18dusun yang ada di Murtigading diberi palatihan supaya  mampu mengembangkan potensinya.

Dari kegiatan ini, muncul potensi-potensi yang sebelumnya terabaikan menjadi lebih ditekuni dan dikembangkan. Ada dusun yang membuat kipas, patelo, aneka snack dan juga adrem. Meski dari skian banyak dusun tak seluruhnya mampu berjalan seperti yang diharapkan, namun ada beberapa dusun yang mampu mengembangkan usahanya sehingga meningkatkan perekonomian keluarga.

Adrem, salah satu produk dari dusun piring ini setiap hari laris manis diserbu pembeli. Bukan lagi wilayah Murtigading, namun sudah merambah ke berbagai wilayah di sekitarnya. Adrem yang bahan dasarnya terdiri dari tepung beras, tepung terigu, gula dan kelapa ini diproduksi secara terus menerus dan selalu laku. Eni (46) salah seorang pekerja menuturkan, disini tiapa hari rata-rata menghabiskan 35kg tepung beras. Dari bahan sebanyak itu, tiap hari mampu produksi sekitar 300kup (1kup=6biji) dikerjakan 4orang.

Di Piring sendiri ada sekitar 6 dapur yang memproduksi Adrem. Dari tiap-tiap dapur mempekerjakan 1-4orang karyawan. Hasil produksi biasanya langsung diambil oleh tengkulak. Namun demikian, mereka juga masih menerima pesanan perorangan.

Komentar atas Adrem makanan khas Murtigading

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussyoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

NEWS

Pemanfaatan SID

Mbangun Desa

INSTANSI TERKAIT

  • Puskesmas Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul (0274) 6464295, 7466886
  • Polsek / Kepolisian Sektor Sanden Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul (0274) 7101510
  • KUA / Kantor Urusan Agama Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul (0274) 7491435
  • Koramil / Komando Rayon Militer Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
  • Lokasi Murtigading

    tampilkan dalam peta lebih besar